Bedah Plastik

Kata bedah plastik berasal dari bahasa Yunani plastikos yang berarti membentuk. Jadi bedah plastic adalah spesialis/ kekhususan dari prinsip prinsip pembedahan yang membentuk, membuat , meronkstruksi dan memanipulasi tulang, tulang rawan dan semua jaringan lunak untuk kebutuhan tiap individu yang unik atau khas.

Bedah plastic sangat menekankan pentingnya memperlakukan pasien sebagai satu kesatuan yang utuh, apakah untuk rekonstruksi atau estetik/kosmetik. Bedah plastic sendiri tidak melulu hanya bedah kosmetik, tapi juga rekonstruksi contohnya rekonstruksi karena cacat bawaan misalnya bibir sumbing, keloid dan parut hipertrofik, luka bakar, segala macam bentuk luka yang sukar sembuh sehingga dalam kesehariannya sering sebagai konsultan dari dokter bedah lain, dimana terdapat masalah penutupan luka yang sulit.

Bedah plastic kosmetik contohnya facelifts, breast enlargements, nasal surgery, body sculpturing ( liposuction, tummy tuck, mengecilkan lengan, kaki) yang berguna untuk memperindah penampilan seseorang.

Di Indonesia sendiri jumlah bedah plastic sekitar 90 orang, untuk Jakarta sendiri sekitar 40an orang bandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang 100 juta orang, rasio ini jauh dari cukup, maka tidak heran banyak yang mencari ke Negara tetangga. Kita bisa mencek dokter bedah plastic melalui organisasinya yaitu PERAPI perhimpunan ahli bedah plastic Indonesia, yang sekarang mempunyai cabang di Jakarta berkedudukan di Divisi bedah plastic RSCM jl diponegoro 71 jakarta, nah untuk Sekjen Perapi Jakarta yaitu saya sendiri. Berdasarkan apa yang saya amati selama magang di Singapura, Cina, Australia, prosedur operasi baik untuk rekonstruksi maupun estetik kosmetik sama saja dengan yang kami kerjakan di Indonesia, jadi ya sebaiknya operasi saja di Indonesia…

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.