Breast Augmentation, Breast Implant.

Breast Implant adalah suatu prosedur bedah plastic untuk menambah volume payudara dengan memasukkan implant silicon padat ke dalam payudara tepatnya dibawah kelenjar susu ( ASI), jadi bagi yang merasa sudah cukup mempunyai anak dan berencana tidak menambah lagi prosedur ini cocok untuk dikerjakan tentunya payudaranya sudah mulai kendor dan kekurangan massa. Sehingga payudara akan terlihat lebih padat dan berisi.

Implant payudara tersebut terbuat dari silicon padat, sehingga bila dipegang akan terasa seperti jaringan payudara biasa. Implant tersebut tidak akan bocor, pecah, sekalipun terkena trauma tajam. Injeksi silicon cair pada tubuh akan menimbulkan berbagai komplikasi karena terbawa oleh aliran darah, cairan tersebut tidak akan bersatu oleh tubuh, tapi menempel pada jaringan ikat longgar menimbulkan sensasi adanya tumor dibawah kulit. Bila penyuntikannya terlalu dangkal kulit akan rusak dengan awalnya bewarna merah. Cairan silicon tersebut transparan dipegang licin, tampaknya seperti bahan silicon untuk poles bodi mobil dan motor. Di Amerika bahan ini sudah lama dilarang.

Berapakah ukuran yang cocok untuk anda?
Kami akan lakukan pengukuran, dan hasilnya akan keluar nilai yang direkomendasikan, sehingga payudara akan terlihat lebih natural padat, berisi dan seksi. Umumnya ukuran Bra akan bertambah satu nomor lebih besar.

Bagaimana cara untuk memasukkan implant payudara tersebut?
Ada 3 cara, yaitu melalui ketiak, puting payudara, dan dibawah lipatan payudara. Tujuannya menyembunyikan bekas sayatan. Pilihan favorit adalah melalui putting payudara karena bekas sayatan tersamar dengan warna yang gelap pada putting payudara. Bila diameter putting payudara diameternya kecil, implant payudara yang dimasukkan tidak bias untuk ukuran yang besar ( diatas 350cc).

Adakah komplikasi dari pemasangan implant tersebut?
Ada, tapi tidak banyak yaitu kapsul kontraktur. Kapsul kontraktur terjadi akibat reaksi penolakan tubuh terhadap implant. Tanda – tandanya payudara terasa sakit, teraba keras. Tindakan yang harus dilakukan yaitu mengeluarkan implant tersebut. Pencegahan dari kapsul kontraktur ini setelah pemasangan implant harus dilakukan massage/ pijat pada payudara anda, tujuannya melancarkan peredaran darah dan limfe , caranya seperti memijat pada saat menyusui.

Bila masih ingin atau sedang menyusui bolehkah memasang implant payudara?
Tidak dianjurkan, karena produksi ASI tidak akan keluar. Pemasangan implant payudara adalah di bawah kelenjar susu diatas dari otot, sedangkan kelenjar susu mendapat suplai makanan dari otot, jadi bila ada implant diantaranya kelenjar susu tidak mendapat suplai makanan lama kelamaan akan menyusut dan produksi ASI akan berhenti.

Bagaimanakah dengan sensasi pada payudara setelah operasi?
Pemasangan implant jelas akan mencederai serabut serabut saraf, namun akan beregenerasi dalam waktu 3 – 6bulan. Beberapa pasien tetap merasakan sensasi yang sama sebelum operasi (tidak ada gangguan) beberapa merasakan lebih peka terhadap rangsang sentuhan.

Apakah pemasangan implant akan menyebabkan tumor payudara?
Sampai saat ini belum ada bukti kearah itu.
Persiapan apa yang perlu dilakukan sebelum operasi?
Stop alcohol, rokok minimal 2 minggu sebelum tindakan, hal tersebut dapat mengganggu penyembuhan luka.
Pemeriksaan usg payudara dan mammografi mendeteksi apakah ada tumor di payudara.

Berapa lama dirawat pasca operasi?
Umumnya 1 malam.

Dapatkah beraktifitas setelah operasi?
Dianjurkan untuk beristirahat dan beraktifitas ringan. Jangan mengangkat beban berat, berenang dulu.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.